Mengenal Website dan Blog


Pada waktu yang singkat ini AE-Ducation akan memberikan sebuah informasi yang sangat penting untuk warga internet untuk menambah wawasan anda. Bagi anda yang menginginkan terjun ke dunia informasi ini di internet ini menjadi bekal tersendiri bagi anda. Apabila anda ingin menjadi seorang penulis atau membuka lahan pekerjaan sendiri internet dengan membangun website atau blog, tentunya anda harus dapat membedakan antara blog dan sebuah website.

Pada masyarakat umum sering mengatakan "saya mencari info tadi dari sebuah website" ada pula yang mengatakan "kemarin saya mendownload sebuah game dari blog",  benarkah kedua pernyataan tersebut apabila kita telisik lebih jauh kita bertanya kepada kedua pendapat tersebut mungkin 55% orang menjawab bahwa keduanya adalah sama. Apakah benar Website dan Blog itu adalah sama?

Artikel yang pendek berikut ini akan memaparkan penjelasan mengenai Website dan Blog dengan sejelas jelasnya.

Apakah Website itu sama dengan Blog

Bagi pengunjung internet yang belum mengenal perbedaan blog dan website mungkin masih bertanya tanya, sebenarnya apakah terdapat perbedaan diantara keduanya ?

Secara umum untuk keduanya mungkin tampak sama kalo kita lihat, namun apabila kita jeli sedikit maka kita akan menemukan sebuah perbedaan di antara keduanya. Bagi anda yang melihatnya dengan tak buru buru dan teliti dalam memandang akan dapat menjawab yang sebenarnya anda cari.

Untuk lebih jelasnya, sebelumnya anda harus tau terlebih dahulu. Apakah pengertian keduanya, yang akan dijelaskan berikut ini.

Apa itu Website

Secara bahasa saya sendiri, bahwa website adalah pusat dari semua halaman yang ada di internet, ribuan halaman yang ada di dalamnya adalah bagian dari web termasuk blog sendiri. Website menampilkan berbagai informasi di dalamnya termasuk artikel artikel yang ada di AE-Ducation ini. Contoh website adalah Google, Yahoo, Bing, Youtube.

Apa itu Blog

Sepertinya kita sudah dapat ambil kesimpulan dari pengertian Website, bahwa Blog adalah bagian dari website. Blog sendiri yang ada di Website sudah tak bisa dihitung dengan jari tangan lagi, mungkin satu desa pun saya rasa kurang untuk menghitung jumlah Blog yang sampai saat ini ada di Website.

Perbedaan Web dengan Blog

Setelah kita ketahui pengertian dari keduanya, terus apa sajakah perbedaan dari keduanya. Dari keduanya terdapat beberapa perbedaan yang dapat menjelaskan lebih detail lagi antara website dan blog.

Berdasarkan Proses Pembuatannya

 Berdasarkan cara proses pembuatannya, untuk website kita cukup memerlukan keahlian dalam hal pemrograman mulai dari HTML, PHP, JavaScript, CSS, JQuery, dll yang berkaitan erat dalam pembuatan website. Sedangkan dalam pembuatan blog kita tak wajib memahami bahasa bahasa tersebut karena sekarang sudah banyak yang menyediakan template blog yang menarik dan interaktif yang dapat didownload secara gratis dan mudah. Namun dalam cara penggunaannya kita perlu lihai sedikit dalam penggunaannya, apalagi apabila anda menginginkan tampilan blog anda menjadi sangat menarik.

Berdasarkan Isinya

Pada jenis ini antara keduanya dapat kita analogikan apabila kita berkunjung ke sebuah perpustakaan maka kita akan melihat berbagai jenis buku yang dapat kita baca dan memiliki berbagai jenis topik yang berbeda tentunya.

Tampilan dan Interaksi terhadap Pengunjung

Dalam hal ini mungkin kita dapat membedakan dalam keduanya, yaitu dimana tampilan pada blog lebih menarik dan interaktif yang membuat menjadi daya tarik tersendiri antara blog dengan blog yang lain. Persaingan pasar viewer yang menuntut kita untuk membuat blog semarik mungkin. Sementara pembatasan antara admin dengan pengunjung pada website membuat web kurang interaksinya dengan para pengunjungnya. Meskipun begitu web web memiliki cara untuk interaksi dengan para pengunjungnya biasanya mereka membuat sebuah fitur di mana mereka para visitor dapat terhubung dengan pihak admin.

Kesimpulan

Dari Artikel di atas dapat kita simpulkan bahwa di antara website dan blog memiliki perbedaan perbedaan yang mana mungkin sekarang menjadi lebih tau. Jadi, dari sekarang jangan salah menyebutkan lagi ya antara blog dan website.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Website dan Blog"

Posting Komentar