Bagian Pengenalan HTML : Bagaimana Cara Menjalankan File HTML dengan Browser


Pada bagian pengenalan sebelumnya telah dijalaskan secara detail bagaimana dengan web browser dan file html. Pada dasarnya bahwa file berformat html dijalankan melalui sebuah web browser. Lantas begitu bagaimana cara menjalankannya, untuk mengawalinya AE-Ducation akan menjelaskan sedikit untuk mengawali penggunaan html di web browser.


Rekomendasi Sebuah Folder yang Dijadikan Penyimpanan Proses Belajar

Untuk memberikan kemudahan dalam proses belajar HTML ini AE-Ducation menyarankan untuk kalian yang ingin tetap melanjutkan belajar melalui blog AE-Ducation ini untuk membuat sebuah folder di Drive D dengan sebuah nama --Belajar HTML--, di folder ini yang akan dijadikan sebagai tempat di mana seluruh ilmu di dapat dari blog ini untuk di simpan  dengan rapih di folder tersebut.
Pada Folder ini kita akan mengisi dengan semua file yang berformat HTML yang akan kita buat sampai akhir proses belajar di folder tersebut.


Cara Membuat Sebuah File HTML

Untuk membuat sebuah file html kalian dapat menggunakan software yang direkomendasikan oleh AE-Ducation di artikel sebelumnya atau apabila kalian sudah memiliki software sejenisnya bisa menggunakannya. Setelah membuka software editor tersebut sekarang kalian bisa memulainya dengan membuat sebuah tulisan yang pada artikel ini yang saya tulis ini tulisan yang kita tulis adalah tulisan yang polos dimana kita tidak menggunakan tag atau tanda apapun yang digunakan karena pada artikel ini saya hanya akan menjelaskan bagaimana cara menjalankannya saja itu sebuah file html. Saya akan mengambil contoh tulisan yang akan saya jadikan bagaimana cara menjalankan file HTML ini :


Belajar HTML di Situs AE-Ducation dengan Gratis

Setelah selesai silahkan para sahabat AE-Ducation menyimpannya dengan nama belajarhtml.html pada folder Belajar HTML dan klik Save. Setelah selesai membuat file yang berformat html maka kita akan dapat menjalankan sesuai instruksi dibawah ini.


Cara Menjalankan File HTML

Setelah kita dapat membuat file HTML melalui cara di atas, dengan cara yang simpel juga kita akan dapat menjalankan file tersebut yang telah kita buat tadi dengan cara double klik filenya atau anda juga bisa menggunakan alternative cara menggunakan file html yaitu dengan klik kanan tepat pada file belajarhtml.html dan pilih open with dan pilih web browser yang akan anda jadikan sebagai compiler saat kalian belajar HTML, maka akan muncul seperti ini:


Pada contoh tersebut saya menggunakan web browser yaitu Firefox, dari hasilnya kita perlu ketahui bahwa pada contoh di atas kita tak menggunakan sebuah kode pun. Perlu kita ketahui juga bahwa semua file html memiliki ekstensi.html.

Cara yang telah kita gunakan di atas bisa digunakan tanpa akses internet pun karena file yang kita jalankan berasal dari drive di komputer bukan dari sebuah web. Alamat URL yang ada di atas dapat menjelaskan apabila file:///D:/Belajar%20HTML/  bermakna dengan maksud file yang kita jalankan berasal dari folder Belajar HTML yang berada di Drive D dan belajarhtml.html ini menjelaskan bahwa nama dari file tersebut adalah belajarhtml.

Setelah saya menjelaskan tentang Bagaimana Cara Menjalankan File HTML dengan tulisan yang polos belom ada penambahan kode dan menjalankan melalui Drive D, di artikel berikutnya saya akan menjelaskan secara lengkap tentan bagian bagian kode pada Dasar HTML.


Download Materi

AE-Ducation selain menyampaikan informasi secara online, kami juga memasang pengaman anti copas dan mematikan fitur lain sehingga kami menyediakan link download yang telah dibahas diatas dengan gratis👇

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Bagian Pengenalan HTML : Bagaimana Cara Menjalankan File HTML dengan Browser"