Bagian Pengenalan HTML : Mengenal HTML Lebih Jauh



Sebelum mempelajari bagaimana cara membuat website lebih jauh, langkah pertama yang harus di lakukan adalah mempelajari HTML. Mungkin di sebagian orang sudah tidak asing dengan kata ini, karena hampir semua web yang ada di internet memggunakan HTML. 

Meskipun bahwa HTML sendiri pun membutuhkan pasangan dalam pembuatan web seperti kolaborasi antara HTML dengan CSS dan Javascript atau pun bisa HTML dengan PHP. Apabila kita hanya menggunakan HTML saja dalam pembuatan web, serasa web yang kita buat tidak terasa hidup.

Banyak pengunjung yang menilai sebuah web dari segi menariknya sebelum membaca artikel yang ada, jadi HTML adalah dasar yang kita pelajari sebelum kita masuk ke bahasa program lainnya untuk membangun sebuah web. 


Pengertian HTML ?

HTML berasal kata dari Hypertext Markup Language. Dikutip dari Wikipedia
bahwa Hyper Text Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah web browser dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan yang terintegrasi.
Berdasarkan pengertian tersebut dapat kita ambil kesimpulan bahwa HTML adalah bahasa markah bukan bahasa program seperti bahasaprogram lainnya, Mengapa Demikian ??? Baca Kebawah maka Anda akan menemukan jawabannya. 

Selain itu HTML memiliki fungsi yang sangat berguna untuk membuka sebuah dokumen di web browser. HTML juga merupakan bagian dari kode kode yang ditulis dengan kolaborasi yang menarik sehingga tercipta web web yang saat ini Anda baca contohnya.


Mengapa disebut Hypertext ?

Karena HTML adalah sebuah text yang dapat berfungsi lain, dengan ini kita dapat membuat menjadi link yang dapat berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya dengan meng-klik text tersebut. Kemampuan inilah yang dinamakan hypertext, walaupun pada implementasinya nanti tidak hanya text yang dapat dijadikan link, tetapi juga dapat berupa gambar yang dijadikan link.


Mengapa disebut Markup Language ?

HTML juga menggunakan tanda (mark), untuk menandai bagian-bagian dari text. Misalnya, text yang berada di antara tanda tertentu akan menjadi tebal, dan jika berada di antara tanda lainnya akan tampak besar. Tanda ini di kenal sebagai HTML tag.


Cara Melihat HTML pada WEB di Browser

Jika anda ingin melihat bagaimana sebenarnya HTML, silahkan klik kanan pada halaman atau web telah di buka di browser, lalu pilih View Page Source.



Apakah HTML adalah Bahasa Program ?

HTML sendiri bukanlah sebuah bahasa pemrograman, tetapi lebih tepatnya bahasa markup (markup language). HTML hanya sebuah bahasa struktur yang berfungsi untuk menandai bagian-bagian dari sebuah halaman web. Hal ini sangat berbeda sekali dengan bahasa pemrograman lain pada umumnya, dimana biasanya pada bahasa pemrograman lain kita mempelajari IF, LOOP, variabel, dan lain-lain, namun di HTML tidak.

HTML merupakan bahasa dasar pembuatan web. Disebut dasar karena dalam membuat web, jika hanya menggunakan HTML tampilan web akan terasa hambar. Terdapat banyak bahasa pemrograman web yang ditujukan untuk memanipulasi kode HTML, seperti JavaScript dan PHP. Akan tetapi sebelum anda belajar JavaScript maupun PHP, memahami HTML merupakan hal yang paling awal.


Sejarah Singkat HTML

Selain HTML, dikenal juga xHTML yang merupakan singkatan dari eXtensible Hypertext Markup Language. xHTML merupakan versi lama dari HTML (sebelum era HTML5 seperti saat ini). xHTML menggunakan aturan penulisan yang lebih ketat. Jika anda menemukan artikel yang membahas xHTML, bisa disamakan dengan HTML, karena perbedaannya tidak terlalu banyak.

Download Materi

AE-Ducation selain menyampaikan informasi secara online, kami juga memasang pengaman anti copas dan mematikan fitur lain sehingga kami menyediakan link download yang telah dibahas diatas dengan gratis👇

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagian Pengenalan HTML : Mengenal HTML Lebih Jauh "

Posting Komentar